Pengertian Dan Seluk Beluk Perihal Multimedia

Di Berita 37 views

Multimedia ialah sebuah media dan konten yang memakai kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah ini sanggup dipakai sebagai kata benda (sebuah media yang berisi gabungan dari beberapa bentuk konten) atau sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang mempunyai beberapa bentuk konten. Istilah ini berbeda dengan media yang hanya memakai bentuk-bentuk tradisional dari materi cetak atau produksi tangan. Multimedia termasuk kombinasi bentuk konten dari teks, audio, gambar diam, animasi, video, dan interaktivitas. Dengan kata lain, multimedia ialah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna sanggup melaksanakan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi

Multimedia biasanya direkam dan diputar, ditampilkan atau diakses oleh perangkat pengolahan informasi konten, ibarat perangkat komputer dan elektronik, tetapi juga sanggup menjadi cuilan dari live performance. Multimedia (sebagai kata sifat) juga menggambarkan perangkat elektronik media yang dipakai untuk menyimpan dan mengalami konten multimedia. Multimedia dibedakan dari adonan media dalam seni rupa; dengan memasukkan audio, misalnya, mempunyai lingkup yang lebih luas. Istilah “rich media”(media yang kaya) ialah sinonim untuk multimedia interaktif. Hypermedia sanggup dianggap salah satu aplikasi multimedia tertentu.

Pengelompokan multimedia

Multimedia secara garis besar sanggup dibagi menjadi kategori linear dan non-linier. Konten linear aktif berlangsung tanpa kontrol navigasi untuk penampil ibarat presentasi bioskop. Konten non-linear memberikan interaktifitas pengguna untuk mengontrol kemajuan ibarat yang dipakai dengan game komputer atau dipakai dalam pembinaan berbasis komputer. Hypermedia ialah rujukan konten non-linear.

Presentasi multimedia sanggup ditayangkan secara langsung ataupun direkam. Sebuah rekaman presentasi memungkinkan interaktivitas melalui sistem navigasi. Sebuah presentasi multimedia langsung sanggup memungkinkan interaktivitas melalui interaksi dengan presenter atau pemain.

Karakteristik utama multimedia

Presentasi multimedia sanggup dilihat oleh orang di atas panggung, diproyeksikan, dikirimkan, atau dimainkan secara lokal dengan media player. Siaran mungkin merupakan rekaman atau presentasi multimedia langsung. Siaran dan rekaman sanggup berupa teknologi media elektronik analog ataupun digital. Digital multimedia online sanggup didownload ataupun distreaming. Multimedia streaming mungkin berupa siaran langsung ataupun on-demand/berdasarkan permintaan.

Permainan dan simulasi multimedia sanggup dipakai dalam lingkungan fisik dengan imbas khusus, dengan beberapa pengguna dalam sebuah jaringan online, atau secara lokal dengan komputer offline, sistem game, ataupun simulator.

Berbagai format teknologikal atau digital multimedia mungkin dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, contohnya untuk membuatnya lebih gampang dan lebih cepat untuk memberikan informasi. Atau dalam hiburan atau seni, untuk meningkatkan pengalaman sehari-hari.

Peningkatan tingkat interaktivitas sanggup dimungkinkan dengan menggabungkan banyak sekali bentuk konten media. Multimedia online semakin hari semakin menjadi berorientasi objek dan digerakkan oleh data (data-driven), memungkinkan aplikasi dengan kerja sama penemuan pengguna (end-user) dan personalisasi pada banyak sekali bentuk konten dari waktu ke waktu. Contoh kisaran ini dari banyak sekali bentuk konten di situs Web ibarat galeri foto dengan kedua gambar (foto) dan judul (teks) yang user-update, hingga simulasi yang koefisien, acara, ilustrasi, animasi atau video yang dimodifikasi, yang memungkinkan “pengalaman” multimedia harus diubah tanpa pemrograman ulang. Selain melihat dan mendengar, teknologi Haptic memungkinkan objek virtual untuk dirasakan. Teknologi gres yang melibatkan delusi rasa dan amis juga sanggup meningkatkan pengalaman multimedia.

Sebuah pertunjukan laser ialah sebuah pertunjukan multimedia langsung
(perbesar

Terminologi

Sejarah istilah

Istilah “multimedia” dikenalkan oleh Bob Goldstein (yang kemudian menjadi ‘Bobb Goldsteinn’) untuk mempromosikan pembukaan pertunjukkan “LightWorks at L’Oursin” nya pada Juli 1966 di Southampton, Long Island. Pada tanggal 10 Agustus 1966, Richard Albarino Varietas meminjam terminologi, laporan: “Brainchild of songscribe-comic Bob (‘Washington Square’) Goldstein, the ‘Lightworks’ is the latest multi-media music-cum-visuals to debut as discothèque fare.” (gagasan komik songscribe Bob (‘Washington Square’) Goldstein, ‘Lightworks’ ialah multimedia musik dan visual terbaru untuk debut sebagai ongkos diskotek) “Dua tahun kemudian, pada tahun 1968, istilah “multimedia” itu kembali diubahsuaikan untuk menggambarkan karya seorang konsultan politik, David Sawyer, suami dari Iris Sawyer—salah satu produsen Goldstein di L’Oursin.

Dalam empat puluh tahun berselang, kata tersebut telah diambil untuk arti yang berbeda. Pada selesai 1970-an istilah ini dipakai untuk menjelaskan presentasi yang terdiri dari slide multi-proyektor yang memperlihatkan waktunya untuk track audio. Namun, pada tahun 1990-an ‘multimedia’ mengambil makna ibarat ketika ini.

Pada tahun 1993 dalam edisi pertama “McGraw-Hill’s Multimedia: Making It Work”, Tay Vaughan menyatakan “Multimedia ialah kombinasi teks, seni grafis, suara, animasi, dan video yang dikirimkan oleh komputer. Ketika Anda membiarkan pengguna – penonton dari proyek – untuk mengontrol apa dan kapan elemen ini disampaikan, itu ialah multimedia interaktif. Bila Anda memberikan struktur elemen terkait di mana pengguna sanggup menavigasi, multimedia interaktif menjelma hypermedia.

Setup multimedia (multi-gambar) untuk peluncuran Mobil New Ford 1988, Agustus 1987, Detroit, MI
(perbesar

Masyarakat bahasa Jerman, Gesellschaft für deutsche Sprache, menetapkan untuk mengakui signifikansi dan keberadaan kata tersebut pada 1990-an dengan sumbangan itu judul ‘Word of the Year’ pada tahun 1995. Lembaga menyimpulkan alasan dengan menyatakan “[Multimedia] telah menjadi kata sentral dalam dunia media gres yang indah”

Dalam penggunaannya secara umum, multimedia merujuk pada penyampaian kombinasi media termasuk video, gambar diam, audio, teks sedemikian rupa secara elektronik sehingga sanggup diakses secara interaktif. Sebagian besar konten di web ketika ini jatuh dalam definisi ini sebagaimana yang dipahami oleh jutaan orang. Beberapa komputer yang dipasarkan pada 1990-an disebut “multimedia” komputer lantaran mereka menggabungkan CD-ROM drive, yang memungkinkan untuk pengiriman beberapa ratus megabyte video, gambar, dan data audio.

Penggunaan dan konteks kata

Karena media ialah kata jamak dari medium, istilah “multimedia” ialah sebuah pleonasme kalau kata “multi” dipakai untuk menggambarkan beberapa bencana hanya dengan salah satu bentuk media ibarat koleksi CD audio. Inilah sebabnya mengapa penting bahwa kata “multimedia” ialah dipakai secara langsung untuk menggambarkan banyak sekali bentuk media dan konten.

Istilah “multimedia” juga ambigu. Konten statis (seperti buku kertas) sanggup dipertimbangkan sebagai multimedia kalau berisi gambar dan teks atau sanggup dianggap interaktif kalau pengguna berinteraksi dengan membalik halaman sesuai keinginan. Buku juga sanggup dianggap sebagai non-linear kalau halaman diakses secara tidak berurutan. Istilah “video”, kalau tidak dipakai secara langsung untuk menggambarkan gerak fotografi, juga tidak terperinci dalam terminologi multimedia. Video sering dipakai untuk menggambarkan format file, format pengiriman, atau format presentasi, bukan “rekaman” yang dipakai untuk membedakan gerakan fotografi dari “animasi” gambar gerak yang dirender/dibuat.

Berbagai bentuk konten informasi sering tidak dianggap sebagai bentuk modern dari presentasi ibarat audio atau video. Demikian juga, bentuk tunggal dari konten informasi dengan pengolahan informasi memakai metode tunggal (misalnya audio non-interaktif) sering disebut multimedia, mungkin untuk membedakan media statis dari media aktif. Dalam seni Rupa, misalnya, ModulArt Leda Luss Luyken yang membawa dua elemen kunci dari komposisi musik dan film ke dalam dunia lukisan: variasi tema dan pergerakan dalam gambar, membuat ModulArt sebagai bentuk multimedia interaktif seni. Seni pertunjukan juga sanggup dipertimbangkan sebagai multimedia mengingat artis dan alat peraganya merupakan gabungan dari beberapa jenis baik konten dan medianya.

Penggunaan

Multimedia sanggup ditemukan aplikasinya dalam banyak sekali bidang termasuk, namun tidak terbatas pada, iklan, seni, pendidikan, hiburan, teknik, kedokteran, matematika, bisnis, penelitian ilmiah dan aplikasi spasial sementara. Beberapa contohnya yaitu sebagai berikut:

 Sebuah presentasi memakai Powerpoint. Presentasi perusahaan memungkinkan penggabungan semua bentuk isi media. (perbesar)
 
 Virtual reality memakai konten multimedia. Aplikasi dan platform pengiriman multimedia yang hampir tak terbatas. (perbesar)
Multimedia Terminal VVO di Dresden WTC (Jerman) 

Industri kreatif

Industri kreatif memakai multimedia untuk banyak sekali keperluan mulai dari seni, hiburan, seni komersial, jurnalisme, media dan layanan perangkat lunak yang disediakan untuk setiap industri yang tercantum di bawah. Seorang desainer individual multimedia sanggup meliputi spektrum sepanjang karir mereka. Rentang undangan untuk keterampilan mereka mulai dari teknis, analitis, hingga kreatif.

Komersial

Banyak dari media elektronik usang dan gres yang dipakai oleh seniman komersial ialah multimedia. Presentasi yang menarik dipakai untuk meraih dan menjaga perhatian dalam iklan. Bisnis ke bisnis, dan komunikasi antar kantor sering dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan jasa kreatif untuk presentasi multimedia lebih lanjut yang melampaui pertunjukan slide sederhana untuk menjual wangsit atau menghidupkan pelatihan. Pengembang multimedia komersial sanggup disewa untuk mendesain produk jasa pemerintah ataupun aplikasi layanan nirlaba.

Hiburan dan seni rupa

Selain itu, multimedia banyak dipakai dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan imbas khusus dalam film dan animasi. Permainan multimedia ialah hiburan terkenal dan ialah sebuah acara perangkat lunak yang tersedia baik dengan CD-ROM atau online. Beberapa video game juga memakai fitur multimedia. Aplikasi multimedia yang memungkinkan pengguna untuk secara aktif berpartisipasi bukan hanya duduk sebagai peserta pasif informasi disebut Multimedia Interaktif. Dalam Seni ada seniman multimedia, yang pikirannya bisa mencampurkan teknik penggunaan media yang berbeda yang dalam beberapa cara penggabungan interaksi dengan pemirsa. Salah satu yang paling relevan yaitu Peter Greenaway yang memadukan bioskop dengan Opera dan segala macam media digital. Pendekatan lain memerlukan penciptaan multimedia yang sanggup ditampilkan di arena seni rupa tradisional, ibarat galeri seni. Meskipun materi untuk menampilkan multimedia gampang menguap, ketahanan dari konten sekuat media tradisional. Material rekaman digital bisa tahan usang dan tak terbatas direproduksi dengan salinan tepat setiap waktu.

Pendidikan/Edukasi

Dalam pendidikan, multimedia dipakai untuk memproduksi pembinaan berbasis komputer (populer disebut CBT “computer-based training”) dan buku referensi ibarat ensiklopedi dan almanak. Sebuah pembinaan berbasis komputer memungkinkan pengguna menjelajahi serangkaian presentasi, teks wacana topik tertentu, dan gambaran terkait dalam banyak sekali format informasi. Edutainment ialah istilah informal dipakai untuk menggambarkan menggabungkan pendidikan dengan hiburan (education dan entertainment), khususnya hiburan multimedia.

Teori berguru dalam dekade terakhir telah berkembang secara dramatis lantaran pengenalan multimedia. Beberapa baris penelitian telah berkembang (misalnya muatan kognitif, pembelajaran multimedia, dan daftar yang berlanjut). Kemungkinan untuk adanya pembelajaran dan isyarat yang hampir tak terbatas.

Ide konvergensi media juga menjadi faktor utama dalam pendidikan, khususnya pendidikan yang lebih tinggi. Didefinisikan sebagai teknologi yang terpisah ibarat bunyi (dan fitur telepon), data (dan aplikasi produktif) dan video yang ketika ini mengembangkan sumber daya dan berinteraksi satu sama lain, secara sinergis membuat efisiensi baru, konvergensi media dengan cepat mengubah kurikulum universitas di seluruh dunia. Demikian juga, perubahan ketersediaan, atau kekurangan, pekerjaan yang membutuhkan keterampilan teknologi cerdas.

Jurnalistik

Perusahaan koran di seluruh dunia juga mencoba untuk merangkul fenomena gres dengan menerapkan penggunaannya di pekerjaan mereka. Di ketika yang lainnya terlambat untuk datang, surat kabar utama ibarat The New York Times, USA Today dan The Washington Post menetapkan sesuatu yang bisa dijadikan teladan untuk posisi industri surat kabar di dunia global.

Laporan info tidak terbatas pada media tradisional. Wartawan freelance sanggup memakai media gres yang berbeda untuk menghasilkan potongan multimedia untuk info mereka. Hal ini melibatkan penonton global dan mengisahkan kisah dengan teknologi, yang mengembangkan teknik komunikasi gres untuk para produsen dan konsumen media. Proyek Common Language ialah rujukan dari jenis produksi jurnalisme multimedia.

Keahlian teknik

Insinyur perangkat lunak sanggup memakai multimedia dalam Simulasi Komputer untuk sesuatu dari hiburan untuk pembinaan ibarat pembinaan militer atau industri. Multimedia untuk antarmuka perangkat lunak sering kali dilakukan sebagai sebuah kerja sama antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak.

Industri

Dalam sektor industri, multimedia dipakai sebagai cara untuk membantu menyajikan informasi kepada pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Multimedia juga sangat membantu untuk memberikan pembinaan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia melalui teknologi berbasis web yang hampir tak terbatas.

Matematika dan penelitian ilmiah

Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia terutama dipakai untuk pemodelan dan simulasi. Sebagai contoh, ilmuwan sanggup melihat sebuah model molekul suatu zat tertentu dan memanipulasinya untuk menjadi suatu zat baru. Perwakilan penelitian sanggup ditemukan di jurnal ibarat Journal of Multimedia.

Pengobatan

Dalam Kedokteran, dokter bisa dilatih dengan melihat operasi virtual atau mereka sanggup mensimulasikan bagaimana badan insan dipengaruhi oleh penyebaran penyakit oleh virus dan basil dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.

Pencitraan dokumen

Pencitraan dokumen ialah teknik yang mengambil hard copy dari suatu gambar / dokumen dan mengubahnya menjadi format digital (misalnya, scanner).

Ketidakmampuan

Kemampuan media memungkinkan mereka para penyandang cacat untuk memperoleh kualifikasi di bidang multimedia sehingga mereka sanggup mengejar karir yang memberikan mereka jalan masuk ke bermacam-macam bentuk komunikasi yang kuat.

Lain-lain

Di Eropa, organisasi referensi untuk industri Multimedia ialah European Multimedia Associations Convention (EMMAC)

Penataan informasi dalam bentuk multimedia

Multimedia menggambarkan konvergensi teks, gambar, video dan bunyi ke dalam bentuk tunggal. Kekuatan multimedia dan internet terletak pada cara di mana informasi saling berkaitan.
Multimedia dan Internet membutuhkan pendekatan yang benar-benar gres untuk menulis. Gaya penulisan yang tepat untuk ‘dunia on-line’ sangat dioptimalkan dan dirancang untuk sanggup dengan cepat dipindai oleh pembaca.

Sebuah situs yang baik dalam pikiran harus dibentuk dengan tujuan tertentu dan sebuah situs dengan interaktivitas yang baik dan teknologi gres juga sanggup berkhasiat untuk menarik pengunjung. Situs harus menarik dan inovatif dalam desain, fungsi dalam hal tujuannya, gampang dinavigasi, sering diperbarui dan cepat untuk men-download. Ketika pengguna melihat halaman, mereka hanya sanggup melihat satu halaman pada satu waktu. Akibatnya, pengguna multimedia harus membuat “model mental dari struktur informasi ‘.

Konferensi

Ada sejumlah besar konferensi multimedia, dua konferensi ilmiah utama yaitu:

  • ACM Multimedia;
  • IEEE ICME, Konferensi Internasional wacana Multimedia & Expo
Referensi

– Richard Albarino, “Goldstein’s LightWorks at Southhampton,” Variety, August 10, 1966. Vol. 213, No. 12.
– Eagle Computer, retrieved 2010-06-27
– Multi-Media Becomes Multi-Image, retrieved 2010-04-30
– Vaughan, Tay, 1993, Multimedia: Making It Work (first edition, ISBN 0-07-881869-9), Osborne/McGraw-Hill, Berkeley, pg. 3.
– Variety, January 1–7, 1996.
– Stewart, C and Kowaltzke, A. 1997, Media: New Ways and Meanings (second edition), JACARANDA, Milton, Queensland, Australia. pp.102.
– Jennifer Story, from Next Online,2002.
– Lynch P., Yale University Web Style Manual, Http://info.med.yale.edu/caim/manual/sites/site_structure.heml.

author
Penulis: 
    Perbandingan Vista Sp 1 Dengan Xp Sp 3
    Perbandingan Vista Sp 1 Dengan Xp Sp 3
    Microsoft bekerja terus-menerus meningkatkan performa, keamanan, dan
    Mudahnya Menulis Tag Html Dalam Post Blogspot, Hanya Tinggal Klik !!
    Mudahnya Menulis Tag Html Dalam Post Blogspot, Hanya Tinggal Klik !!
    Sampai dikala ini bergotong-royong masih banyak orang
    Cara Menginstall Windows Xp (Fresh Installation)
    Cara Menginstall Windows Xp (Fresh Installation)
    Windows XP yakni jajaran sistem operasi berbasis
    Beberapa Tipe Baterai Yang Dipakai Untuk Gadget Anda
    Beberapa Tipe Baterai Yang Dipakai Untuk Gadget Anda
    Hambatan terbesar pada teknologi gadget ialah baterai.

    Komentar ditutup.

    Baca Juga×

    Top